Thursday, September 2, 2010

Rumah Eco / Rumah Ramah Lingkungan ditengah Pemanasan Global

Rumah impian tidak cukup hanya dilihat dengan matatetapi bagaimana rumah dapat menghargai alam sekitarnya. Konsep rumah minimalis, rumah modern, rumah-rumah tradisional atau apa pun hari ini harus ditambahkan satu unsur yang ramah lingkungan!. Dalam dunia arsitektur rumah ramah lingkungan disebut eco desain. Apa saja yang harus dipenuhi dalam desain rumah ramah lingkungan? Berikut adalah penjelasan dan contohnya.

Rumah ramah lingkungan adalah rumah yang mengintegrasikan seluruh proses dalam kesatuan dengan mempertimbangkan konsekuensi bagi lingkungan. Artinya, sejak awal proses perancangan, pengembangan dan pemanfaatan bangunan dalam banyak hal dipertimbangkan. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah:
1. Konsumsi sumber daya energi yang hemat dan efisien (bahan, air dan tanah)
2. misi ke udara, air dan tanah dan lingkungan kesehatan
3. kebisingan dan getaran)
Jika Anda ingin menerapkan eko desain pada rumah impian anda, bisa menjadi banyak beton. Misalnya: sinar matahari, rumah-kaya, sehingga listrik dapat disimpan. Banyak jendela dan aliran udara lancar sehingga Anda tidak perlu AC. Cukup tanah untuk sumur resapan. Ruang hijau, alias taman yang memasok kebutuhan udara bersih. Instalasi pembuangan limbah dan sampah dapat didaur ulang. Pemanfaatan bahan bangunan yang tidak sia-sia.

Wah, ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan dalam desain. Tentu saja, tidak semua desain selalu dapat mengakomodasi semua aspek. Tapi minimal anda tidak boleh menghabiskan seluruh tanah untuk rumah, atau ditutupi dengan semen. Anda harus mempertimbangkan bahwa setiap sinar matahari ruang dan udara untuk mendapatkan cukup.Gunakan lampu dan menaruh titik pada tempat yang optimal.




0 komentar:

Post a Comment